Usaha Sampingan Mahasiswa

Mahasiswa dan Mahasiswi

Mahasiswa dan Mahasiswi

Usaha Sampingan Mahasiswa

Sebenarnya banyak sekali pekerjaan sampingan yang cocok buat mahasiswa. Seperti menjadi penjaga warnet, menjadi jurnalis, mengajar, menyanyi dan lain sebagainya. Bahkan saya pribadi kuliah sambil bekerja sebagai penjaga malam (satpam) di sebuah kantor. Selama 3 tahun lebih saya kuliah sambil bekerja sebagai satpam malam. Siang kuliah, malam bekerja dan lebih parahnya lagi jarak tempat tinggal saya dengan kampus yaitu 1 jam perjalanan.

Sehingga badan capek, ngantuk, tubuh rasanya sudah sering sakit. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya untuk fokus kuliah serta menjalankan bisnis online. Namun itu sudah berlalu, dan saya pribadi berpesan buat anda. Janganlah mencari kerja untuk sampingan tetapi bangunlah pekerjaan untuk sampingan anda.

Apa saja pekerjaan yang dapat anda bangun atau yang dapat anda jalankan walau anda masih kuliah? Sebenarnya banyak sekali, sebagai contoh yaitu:

  • Bisnis Online

Inilah bisnis yang saat ini saya jalankan. Berbisnis online itu dapat dijalankan secara gratis, sebab modalnya hanya laptop serta koneksi internet. Dan saya percaya bahwa rata-rata mahasiswa memiliki laptop sendiri. Untuk koneksi internet dapat memanfaatkan hotspot gratis di kampus.

  • Kerja Sebagai Guru Privat

Bila anda seorang mahasiswa jurusan pendidikan Keguruan, tak ada salahnya anda bekerja sendiri sebagai guru privat.

  • Bisnis Sesuai Bidang Masing-masing

Jadi sebenarnya apapun jurusan yang anda ambil. Semuanya memiliki peluang untuk dijadikan usaha. Mungkin saja, anda belum menyadari atau bahkan belum terpikirkan.

Sepertinya itu saja contoh pekerjaan atau bisnis sampingan yang cocok buat mahasiswa. Jadi ingat, jangan terobsesi mencari kerja sampingan, tetapi terobsesilah untuk menciptakan bisnis sampingan yang siapa tau dapat juga menjadi bisnis masa depan.

 

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie