Usaha Cetak Kartu Undangan

Kartu Undangan Perkawinan

Kartu Undangan Perkawinan

Usaha Cetak Kartu Undangan

Sebelum melaksanakan sebuah acara resepsi perkawinan pasti tidak luput dengan yang namanya kartu undangan pernikahan. Kartu undangan juga tidak hanya digunakan saat pernikahan saja, undangan juga sering digunakan saat acara ulang tahun, khitanan dan lainya. Banyak pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan mereka di pusingkan dengan masalah cetak undangan ini. Usaha kecil cetak undangan hadir sebagai solusi bagi masalah ini.

Undangan sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari sebelum acara dilaksanakan. Sekarang ini sudah banyak sekali model dan motif undangan yang bisa di gunakan, sebagian calon pengantin bahkan menampilkan photo prewedding di undangan pernikahan mereka. Oleh karena itu, usaha kecil cetak undangan tidak akan pernah hilang, walaupun kini mendapat saingan dari cetak undangan online.

Deskripsi Usaha Cetak Kartu Undangan

Usaha kecil cetak kartu undangan adalah sebuah usaha yang bergerak dalam bidang desain grafis, khususnya cetak undangan, cetak brosur, cetak pamflet hingga banner untuk keperluan promosi. Sebetulnya harga jual kartu undangan tidak mempunyai standar harga, sebab cetak kartu undangan itu lebih ke produk seni sehingga yang dijual itu adalah disainnya. Jangan heran bila keuntungan usaha cetak kartu undangan dapat diatas 200%.

Pada umumnya cetak kartu undangan dijual berdasarkan segmentasi, kita bisa kelompokan dalam beberapa harga berdasarkan kelompok konsumen tertentu, bahan, disain, serta quantity. Untuk kalangan bawah dapat kita buatkan undangan dari blanko (tinggal sablon atau print) dengan harga mulai  dari Rp.500/pcs untuk minimal pesanan 1000 pcs, sedangkan jika pesanan hanya 300 pcs dapat kita jual Rp.750/pcs.

Untuk kalangan menengah hingga atas, bisa kita buat kartu undangan dari bahan kertas tertentu seperti acasia, jasmine , art paper, linen, melon, fancy, dll. Harganya tentu saja lebih mahal walaupun bahan kertasnya murah. Sebagai patokan, harga jual cetak kartu undangan biasanya 2x biaya produksi. Hingga jika suatu ketika terjadi kesalahan cetak, kita tidakakan mengalami kerugian untuk membuat produk penggantinya.

Peralatan Yang Harus Dimiliki Usaha Cetak Kartu Undangan

Usaha cetak undangan memang memerlukan beberapa peralatan khusus, sebut saja mesin printing, mesin cetak sablon, hingga komputer untuk membuat desain grafis sebelum di cetak. Kita bisa membaginya dalam dua jenis, yaitu manual dan digital. Untuk manual, hanya sedikit alat yang di butuhkan, yaitu mesin cetak sablon manual, pemotong kertas manual dan pelipat kertas manual. Namun saat ini cetak kartu undangan manual sudah semakin di tinggalkan.

Untuk cetak kartu undangan secara digital printing, banyak mesin cetak yang kita perlukan seperti mesin cetak mesin GTO, Ryobi, atau mesin Oliver, mesin laminasi glossy, mesin hot print, pisau Punch (pons) untuk melubangi dan membentuk kartu undangan. Namun tidak semua mesin mesti kita miliki, seperti mesin Punch (pons) dan mesin potong kertas biasanya sudah ada yang membuka jasa tersendiri.

Tempat Usaha Usaha Cetak Kartu Undangan

Tempat usaha tentu harus strategis, mudah terlihat dan mudah di akses. Walau begitu, untuk tempat pengerjaan bisa di tempat terpisah yang tersembunyi sekalipun. Yang paling penting adalah lokasi toko kita, pastikan terlihat dari jalan besar. Buatlah tanda seperti banner atau spanduk yang mencirikan jenis usaha kecil kita.

Keahlian khusus

Untuk membuka Usaha Cetak Kartu Undangan, kita mesti memiliki pengetahuan khusus dalam mencetak kartu undangan. Baik itu mencetak secara manual dengan cara sablon sederhana, maupun dengan cara digital. Silahan lihat Cara Mencetak Kartu Undangan.

Karyawan

Karyawan kita butuhkan di saat ramai, biasanya di kala musim pernikahan. Kita bisa membayar mereka dengan sistem borongan sesuai dengan kartu undangan yang kita cetak. Namun anda juga bisa mengangkat mereka sebagai karyawan tetap anda yang membantu baik sedang ramai maupun sepi order. Hanya saja bila sedang ramai order, berilah mereka sejumlah bonus agar kinerja mereka meningkat.

Promosi dan Pemasaran

Promosi lokal bisa di lakukan di depan toko kita dengan memasang banner atau spanduk. Selain itu, promosi dari mulut kemulut juga akan sangat mempengaruhi usaha ini. Kepuasan pelanggan kita akan turut menjadi sales gratis bagi usaha kita. Sataa ini di era digital, tidak ada salahnya juga untuk berpromosi di dunia online. Baik itu lewat social media maupun membuat website perusahaan, bisa juga dengan membuatkan kartu undangan versi online sebagai bagian dari jasa cetak kertu undangan.

Resiko Usaha

kegagalan biasanya datang dari pelanggan yang kecewa dengan kinerja kita, mereka akan menyebarkan kekecewaannya kepada 1000 orang lain. Begitu juga sebaliknya, pelanggan yang puas akan menyebarkan kepada 10 orang lainnya. Oleh karena itu jagalah kepuasan pelanggan, bukan hanya hasil cetak undangan kita yang berkualitas, namun juga dari pelayanan kita secara keseluruhan. Harga yang mahal dan desain kartu undangan yang monoton juga menjadi penyebab hancurnya usaha cetak digital anda.

Undangan merupakan salah satu masalah penting bagi calon pengantin, untuk itu kita mesti mengetahui kebutuhan dan keinginan pengantin seperti apa sebelum membuat undangan bagi mereka. Sangat penting juga untuk mengetahui asal usul pelanggan kita, apakah kita masukan dalam kalangan biasa atau kalangan menengah keatas yang tentunya berpengaruh terhadap kwalitas kartu undangan dan harga yang kita tawarkan.

Usaha Cetak Kartu Undangan Sebagai Usaha Sampingan

Usaha cetak kartu undangan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu Pelajar, Mahasiswa, Ibu Rumah tangga, dll. Sebab bisnis ini bisa kita jalankan walaupun kita tidak mempunyai alat-alat atau mesin produksi, dan juga tidak begitu menyita banyak waktu. Perlengkapan utama yang harus kita miliki adalah contoh-contoh atau sample kartu undangan sebagai contoh produk yang akan kita tawarkan. Sedangkan pengerjaannya bisa kita delegasikan kepada pemilik percetakan yang sudah bekerjasama dengan kita.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie