Tips Membuka Usaha Fotocopy

Fotocopy

Fotocopy

Tips Membuka Usaha Fotocopy

Usaha Fotocopy adalah salah satu alternatif bagi Anda yang ingin membuka suatu usaha. Walaupun Anda hanya mempunyai satu atau dua mesin fotocopy, usaha Anda masih bisa berjalan. Dengan tempat yang strategis seperti di depan sekolahan SMP, SMA ataupun disekitaran perkantoran. Karena anak-anak sekolah sering sekali memerlukan fotocopy untuk melaksanakan tugasnya. Sama halnya juga dengan orang kantoran, mereka sering sekali mem-fotocopy tugas-tugas kantor maupun arsip-arsip kantor. Namun Anda juga harus mempunyai trik untuk membuka usaha fotocopy ini.

1. Sesuaikan Modal dengan Kebutuhan Usaha

Modal di sini maksudnya adalah jenis mesin fotocopy yang Anda beli. Jika Anda mengkhususkan usaha Anda sebagai layanan untuk anak sekolah, Anda mungkin bisa saja membeli mesin fotocopy bekas karena kebutuhan fotocopy anak sekolah tidak terlalu bervariasi. Jika Anda melayani mahasiswa di area kampus besar atau pegawai kantoran, Anda mungkin membutuhkan mesin fotocopy yang lebih bermutu.

2. Beli Mesin dari Merk Terkenal

Anda memang sebaiknya mencari mesin fotocopy yang murah, namun jangan terlalu murah sampai merknya pun jarang terdengar. Jika merknya jarang terdengar, Anda justru akan mengalami kesulitan ketika harus memperbaiki mesin tersebut, dan kalaupun ada suku cadang yang bisa diperoleh, harganya biasanya tinggi. Ingat, membuka usaha fotocopy juga harus mempertimbangkan efek jangka panjangnya dan maintenance peralatan Anda.

3. Beli dari Toko Grosir

Untuk berbagai kebutuhan seperti kertas, peralatan kantor, pena dan barang-barang dagangan ekstra yang biasanya ikut dijual di tempat fotocopy seperti sampul, alat tulis dan buku tulis, sebaiknya dibeli di grosir alat-alat tulis karena lebih murah.

4. Pertimbangkan Jenis Tinta

Tinta fotocopy jenisnya ada bermacam-macam; tentukan jenis tinta dengan layanan yang Anda berikan. Anak sekolah dan mahasiswa mungkin tidak terlalu membutuhkan tinta berkualitas tinggi, yang penting bisa mengopi bahan atau buku teks sekolah.

Biaya membuka usaha fotocopy mungkin cukup besar, tetapi dalam beberapa hal, biaya tersebut bisa ditekan. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa lumayan menghemat modal usaha.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie