Proposal Usaha Pabrik Tahu

Pabrik Tahu

Pabrik Tahu

Proposal Usaha Pabrik Tahu

Tahu memang selalu dibutuhkan ketika kita ingin mendirikan suatu usaha. Terkadang, untuk mendirikan usaha tersebut memang harus memiliki ide bisnis, tetapi modal juga merupakan salah satu cara tepat agar dilirik para investor. Dalam hal ini pembuatan proposal yang dimaksud haruslah sebuah proposal yang baik dan benar dan dibuat sedetail mungkin, mulai dari penjelasan secara singkat tentang usaha yang akan dibuat, serta rencana dalam mendapatkan keuntungan dari usaha yang akan dibangun tersebut.

Modal yang diperlukan tidaklah sedikit dan tidak dapat diatasi seorang diri. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat Contoh Proposal Usaha Pabrik Tahu. Proposal ini nantinya diajukan kepada pihak investor sehingga kita akan mendapatkan bantuan berupa dana untuk modal kita membangun usaha yang Anda rencanakan. Fungsi dari proposal ini yaitu untuk memberikan gambaran kepada Investor tentang usaha atau bisnis yang akan atau sedang Anda jalankan. Jika proposal yang kita buat, maka investor tidak akan ragu untuk menginvestasikan sejumlah uangnya untuk membiayai bisnis kita.

Proposal merupakan suatu alat informasi untuk mendapatkan dana dari orang lain untuk menjalankan usaha Anda. Jika Anda ingin membuat Contoh Proposal Usaha Pabrik Tahu untuk usaha Anda, proposal ini haruslah memiliki beberapa tugas, tugas yang pertama yakni sebagai panduan akan usaha anda, paling tidak sebelum anda membuat bisnis riilnya, Anda sudah membuat proposal usaha yang didalamnya terdapat pengaturan usaha tersebut secara rinci dan tepat. Dan dengan adanya proposal tersebut, Anda bisa menganalisa dan menerapkan perubahan-perubahan agar usaha/bisnis Anda nanti lebih menguntungkan. Tugas yang kedua sebagai dokumentasi akan pendanaan dengan tujuan untuk memajukan usaha anda dan meningkatkan keuntungan bagi usaha yang Anda jalankan.

Harus pula dipastikan bahwa pemaparan peluang usaha yang tertuang dalam sebuah proposal telah menerangkan peluang yang terbuka lebar, seperti halnya hal yang membuat usaha tersebut merupakan benar-benar spesial, dan memiliki perbedaan dengan para kompetitor. Hal-hal yang membedakan usaha yang hendak Anda bangun tersebut dengan usaha-usaha serupa lainnya, dapat berupa lokasi usaha, penggunaan teknologi yang tepat, serta ide yang belum pernah terjamah selama ini. Hal seperti inilah yang harusnya dituangkan dalam sebuah proposal yang dibuat tersebut. Berikut contoh proposal usaha pabrik tahu :

 

Kepada

Yth.      DISPERINDAG melalui bagian (UKM)

Di

Garut

Nomor             : 001 / Proposal / 2011

Lampiran          : 1 (satu) Berkas Proposal

Perihal              : Permohonan Penambahan

Modal Usaha Pengolahan Tahu

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan semakin tingginya harga-harga bahan mentah khususnya bahan-bahan mentah untuk Industri Pengolahan Tahu, maka dengan ini kami selaku pengusaha di bidang tersebut mengajukan permohonan penambahan modal usaha.

Hal ini kami sampaikan dengan pertimbangan sebagai berikut :

1.          Karena keadaan kemendesakan dari kebutuhan yang timbul yang selama ini berpacu dengan adanya Program Ekonomi Bergilir P2KP.

2.          Kebutuhan penambahan modal usaha pada PD. ………………….., saat ini sangat penting sekali untuk dapat memelihara lapangan pekerjaan, khususnya bagi masyarakat di sekitar lokasi Industri Pengolahan Tahu yang secara langsung dapat menekan angka pengangguran.

Demikian agar menjadi maklum dan atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

……………., 18 Juni 2011

PD. …………………..

Pemilik

 

…………………….

 

PROPOSAL

 

PENAMBAHAN MODAL USAHA

PENGOLAHAN TAHU

A.     PENDAHULUAN

Sebagaimana dimaklumi bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) suatu daerah dipengaruhi oleh 3 (tiga) bidang yaitu, bidang pendidikan, bidang kesehatan dan bidang ekonomi.

Dalam rangka upaya peningkatan  IPM, perlu ditunjang dengan penerapan suatu strategi, inovasi dan akselerasi dalam pelaksanaan pembangunan terhadap ke tiga bidang sasaran (pendidikan, kesehatan dan ekonomi) serta aspek yang mempunyai korelasi langsung / tidak langsung terhadap perkembangan ketiga bidang dimaksud.

Industri pengolahan tahu yang menjadi bidang usaha PD. ………………….. adalah salah satu aspek yang memiliki korelasi langsung dengan ketiga bidang tersebut diatas terutama di bidang ekonomi sebab, dengan dapat berjalannya industri tersebut selain dapat memelihara daya jual dan daya beli masyarakat juga secara otomatis dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang secara langsung dapat menekan angka pengangguran khususnya di lingkungan industri tersebut, tentu apabila dengan segala aspek penunjangnya (modal) yang cukup memadai, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, guna lebih menunjang terhadap peningkatan perkembangan IPM, kiranya perlu dipertimbangkan prioritas presentasi alokasi dana terhadap pelaku ekonomi kemasyarakatan, terutama penambahan modal terhadap “PD Berkah Laksana” di Kp. ………………. Desa ………… Kecamatan ……. Kabupaten Garut.

B.     LANDASAN PEMIKIRAN

–         Perlu adanya dorongan dari semua pihak berupa moril maupun materil

–         Mendorong minat masyarakat dalam bidang usaha kecil

C.     LANDASAN HUKUM

–         Landasan struktural UUD Pasal 33 ayat 4.

–         Perekonomian Nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan efisiensi, keadilan berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

D.    DESKRIPSI PERMASALAHAN

Berkenaan dengan permasalahan aspek penunjang penambahan permodalan terhadap pelaku ekonomi kemasyarakatan (PD ………………) di Kp. ………………. Desa ………… Kecamatan ……. Kabupaten Garut dapat digambarkan sebagai berikut :

1.      Terus melonjaknya harga-harga bahan baku untuk industri pengolahan tahu yang secara otomatis memerlukan tambahan modal untuk menjaga terjadinya pengurangan produksi.

2.      Karena keadaan kemendesakan dari kebutuhan yang timbul yang selama ini berpacu dengan adanya Program Ekonomi bergilir P2KP.

3.      Kebutuhan penambahan modal usaha pada PD. ………………….. saat ini, sangat penting sekali untuk dapat memelihara lapangan pekerjaan, khususnya bagi masyarakat di sekitar lokasi industri pengolahan tahu yang secara langsung dapat menekan angka pengangguran.

E.     USULAN

Sehubungan dengan kondisi deskripsi permasalahan tersebut di atas, dengan ini kami sampaikan permohonan modal usaha pada PD. ………………….. karena dengan dapat memelihara berjalannya perusahaan tersebut secara langsung dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat memelihara kegiatan ekonomi.

F.      SASARAN

Adapun yang menjadi sasaran permohonan penambahan modal usaha pada PD. ………………….. agar kondisi perekonomian masyarakat dan ketersediaan lapangan kerja bagi masyarakat dapat terus dipertahankan, atau bahkan ditingkatkan.

G.    LOKASI

Adapun yang menjadi lokasi industri pengolahan tahu yang menjadi bidang usaha PD. ………………….. bertempat di Kp. ……….. RT. …. / RW. …. Desa …… Kecamatan …………. Kabupaten Garut

H.    SUMBER DANA

Sebagai sumber dana untuk rencana tersebut di atas, diharapkan dari dana Stimulan atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Disperindag (UKM) Pemerintah Kabupaten Garut.

I.       PERTIMBANGAN

Untuk bahan pertimbangan kebijakan, kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1.      Terus melonjaknya harga-harga bahan baku untuk industri pengolahan tahu, yang secara otomatis memerlukan tambahan modal untuk menjaga terjadinya pengurangan produksi.

2.      Karena keadaan kemendesakan dari kebutuhan yang timbul yang selama ini berpacu dengan adanya Program Ekonomi bergilir P2KP.

3.      Kebutuhan penambahan modal usaha pada PD. ………………….. saat ini, sangat penting sekali untuk dapat memelihara lapangan pekerjaan, khususnya bagi masyarakat di sekitar lokasi industri pengolahan tahu yang secara langsung dapat menekan angka pengangguran

J.      LAMPIRAN

–         1 (satu) berkas proposal permohonan,

–         Anggaran biaya untuk penambahan modal usaha pengolahan tahu,

–         Foto kegiatan pengolahan tahu.

K.    PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami hal tersebut dapat terkabulkan dan terealisasikan serta terima kasih atas perhatiannya.

 

 

Hormat Kami,

…………….., 18 Juni 2011

PD. ………………..

Pemilik

……………………….

 

Mengetahui,

Camat ………………

………………………….

Kepala Desa ……………

………………………….

 

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie