Proposal Pembuatan Kue Basah

  
Kue Basah

Kue Basah

Proposal Pembuatan Kue Basah

Seiring waktu berjalan kue tidak lagi makanan yang wah. Bahkan kue sering dihidangkan di perumahan setiap hari. Pada jaman dahulu kue masih sangat langka dan mahal. Sekarang kita bias mendapatkan kue basah di banyak tempat, seperti di pasar ataupun di took toko kue. Kita bisa memulai usaha Kue basah ini, tetapi untuk memulai terkadang kita terkendala dengan modal. Berikut contoh Proposal Pembuatan Usaha Kue Basah yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha Kue Basah.

 

PROPOSAL USAHA KELOMPOK

BANTUAN PERMODALAN

USAHA KUE BASAH


KELOMPOK USAHA BERSAMA  KUB

“SELERA RAKYAT”

 

 

DUSUN SUKAMAJU DESA SONOKERTO

KECAMATAN NGARINGAN, KABUPATEN GROBOGAN

2012

A.     LATAR BELAKANG

Setiap keluarga menginginkan anggota keluarganya sehat dan sejahtera, karena manusiayang sehat dapat berproduktifitas yang tinggi dalam menunjang kahidupannya dan sekaligus berperan serta dalam pembangunan. Untuk mendapatkan kehidupan yang demikian manusiamembutuhkan makanan yang bergizi baik.Kue Basah adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang dan sering digunakansebagai pengganjal perut saat pagi alias sarapan. Kue Basah bukan sekadar makanan yang mudah didapat, tapi juga punya segudang gizi bermanfaat. Peranan Kue Basah nanti, bisa tidak lagi sebatas menu untuk santapan, tetapi juga untuk makan siang dan makan malam. Oleh karena itu,kandungan gizi kue basah perlu diperhatikan karena dapat memberikan sumbangan gizi yang berarti.

Permintaan konsumen terhadap makanan ringan sebagai pengganti makanan pokok khususnya Kue basah semakin meningkat dipasar-pasar tradisional baik di desa maupun di perkotaan utamanya daerah sekitar Ngaringan dan Kabupaten Grobogan  pada umumnya. Usaha pembuatan Kue Basah ini sangat potensial dan prospek  pengembangannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan usaha pembuatan Kue Basah itu sendiri. Untuk itu perlu adanya peningkatan produksi pembuatan Kue Basah..Dalam usaha meningkatkan produksi, perlu adanya perbaikan alat produksi dan prosesnya secara intensif dan profesional baik mulai bahan adonan, proses pembuatanadonan hingga roti siap dipasarkan. Dimana ketiga hal ini merupakan mata rantai yang saling berhubungan, namun bisa berdiri sendiri apabila diusahakan. Disamping itu aspek permodalan juga sangatlah penting dalam menunjang usaha pembuatan Kue Basah ini. Sangat disayangkan jika permintaan pasar akan produksi roti ini harus dipenuhi dari luar daerah hanya karena persoalan modal. Ketiadaam modal merupakan persoalan yang mendasar dalam masyarakat selama ini.KUB “SELERA RAKYAT”  sebagai kelompok usaha pembuatan roti sangat berharap adanya bantuan dana penguatan modal dalam usahanya. Desa, masyarakat dan pihak-pihak yang berkompeten diharapkan memberi bantuan kepada KUB “SELERA RAKYAT” sehingga dapat mengembangkan segala aspek menyangkut tujuan dari produksi pembuatan roti tersebut.

B.     SEJARAH BERDIRINYA KUB SELERA RAKYAT

KUB SELERA RAKYAT didirikan pada 29 September 2008, berawal dari sulitnya ekonomi para anggota dan memutuskan untuk membentuk KUB “SEKERA RAKYAT” agar memperbaiki taraf hidup anggotanya. Berusaha secara koperatif, dengan mengambil prakarsa inovatif serta keberanian mengambil risiko dan berpegang teguh pada prinsip identitas pancasila, dalam mewujudkan terpenuhinya kebutuhan nyata serta peningkatan kesejahteraan bersama.

C.     TUJUAN KEGIATAN

Secara sederhana maksud dan tujuan dari pengajuan proposal ini adalah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengajuan dana pengembangan usaha. Sangat disayangkan jika produksi roti ini kurang mengalami kemajuan apabila menyangkut sarana dan prasarana yang ada tidak dioptimalkan sesuai tujuannya hanya karena tidak ada modal.Keinginan Kelompok Usaha Bersama KUB “SELERA RAKYAT” untuk pengembangan usaha pembuatan roti sangatlah besar. SELERA RAKYAT berharap menjadi pengusaha yang tumbuh sehat, tangguh dan mandiri jika permodalan ini ada atau diberikan. Yang tentunya akan berdampak padalingkungan masyarakat sekitarnya antara lain yaitu:

1.      Dapat menyediakan produk Kue Basah dalam kualitas dan kuantitas yang cukup memadai.

2.      Menciptakan lapangan kerja baru maupun usaha sampingan untuk lebih memberdayakan ekonomi masyarakat mandiri serta meningkatkan taraf hidup ekonomi khususnya Desa Sonokerto .

3.      Adanya transfer teknologi tepat guna khususnya pembuatan roti sekaligus mendididik anggota kelompok usaha yang lain untuk mandiri dan berjiwa wiraswasta. Jika nantinya KUB SELERA RAKYAT menerima dana pengembangan usaha ini maka akan digunakan untuk menyiapkan alat produksi pembuatan roti guna kelancaran proses produksi.

 

D.     HAMBATAN DAN PENCEGAHAN

1.      Lajunya pertumbuhan penduduk yang semakin cepat dan meningkat tanpa di dukung dengan ketersediaan lapangan kerja.

2.      Kurangnya modal untuk membuka usaha-usaha dan kami mengharapkan kepedulian semua pihak yang berkaitan dalam masalah ini.

3.      Semakin kompleksnya penyakit-penyakit sosial yang perlu di tanggani dengan serius.

 

E.     ANNGGOTA

NO NAMA JABATAN DALAM KELOMPOK USAHA
1 M. Sidik Ketua
2 Faizin Sekretaris
3 Masruroh Bendahara
4 Darwanti Bag. Produksi
5 Siti Rofiqoh Bag. Produksi
6 Agus Sanrosad Bag. Produksi
7 Mustakim Bag. Pemasaran
8 Ibnu Bag. Pemasaran
9 Henry Widiantoro Bag. Pemasaran

 

 

F.      DANA YANG DI BUTUHKAN

Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah di rencanakan oleh Kelompok Usaha Bersama KUB “SELERA RAKYAT”, kami membutuhkan biaya sebesar Rp.3.000.000 (tiga juta rupiah) yang di harapkan dari bantuan pemerintah Kabupaten Grobogan.

 

G.    LOKASI DAN JENIS USAHA

ü  Lokasi         : Dusun Sukamaju Desa Sonokerto Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan

ü  Jenis Usaha  : Bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan aneka kue basah, kue kering dan makanan ringan.

 

H.     PENUTUP

Sebagai penutup, proposal ini kami ajukan dengan harapan adanya dukungan dan bantuan permodalan dari pihak terkait yaitu Pemerintah Kabupaten Grobogan, khususnya kepada Bupati Grobogan. Apalagi dalam waktu dekat ini untuk menyambut Hari raya Idul Fitri, maka dari itu kami sangat membutuhkan modal tambahan untuk biaya produksi maupun yang lainnya. Demikian proposal permohonan bantuan ini, besar harapan atas dikabulkannya permohonan kami.

Ketua                                                                                                                        Kepala Desa Sonokerto

 

M. Sidik                                              Mengetahui Camat Ngaringan                                        M. Sahid

 

 

 
contoh proposal pembuatan kue basah, proposal kue risol, contoh proposal pembuatan kue bingka, contoh proposal pembuatan usaha, contoh proposal usaha kue, contoh proposal usaha makanan(pembuatan donat), contoh proposal usaha toko kue basah dan kue kering, proposal bantuan dana usaha kue

Advertisement

No comments.

Leave a Reply