Pinjaman Modal Bagi Pelaku UMKM

Salah Satu Pelaku UMKM

Salah Satu Pelaku UMKM

Pinjaman Modal Bagi Pelaku UMKM

Melalui UU no. 20 Tahun 2008 tentang UMKM, Pemerintah dan masyarakat berkewajiban untuk membantu dan melindungi UMKM agar bisa berkembang dengan usahanya. UMKM salah satu sector rkonomi yang berperan penting dalam menopang perekonomian Indonesia. Pemerintah membuat beberapa kebijakan untuk mengembangkan UMKM ini. Salah satunya memberikan kemudahan pengajuan bantuan modal. Pemerintah menunjuk lembaga keuangan untuk memfasilitasi kebijakan tersebut. Beberapa Bank yang ditunjuk antaranya sebagai berikut:

1. BRI

KUR BRI adalah program yang dikeluarkan untuk mendukung UMKM bagi para pelaku usaha mikro. Kredit Usaha Rakyat BRI ini diperuntukkan bagi pengusaha mikro, kecil, ataupun koperasi yang besarnya plafon kreditnya mencapai 500 juta rupiah. Kredit ini bisa digunakan untuk keperluan kredit modal kerja ataupun kredit investasi, sesuai dengan kriteria pelaku usaha yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

2. BNI

Bank ini mengeluarkan berbagai program untuk mendukung UMKM. Diantaranya adalah seperti KUPS atau Kredit Usaha Pembibitan Sapi, KKP-E atau Kredit Ketahanan Pangan dan Energi, KKLK, dan masih ada yang lainnya. Dengan syarat yang mudah serta bunga yang bersaing, program ini sangatlah membantu para pelaku UMKM.

3. Bank Bukopin

Bank Bukopin juga memiliki program uanggulan yang tak kalah dengan bank yang lain. Selain KUR dan juga KKP-E, Bank Bukopin memiliki program yang diberi nama Kredit Usaha Su-005, yang merupakan kredit modal kerja ataupun kredit investasi untuk para pelaku UMKM yang dananya bersumber dari Surat Utang Pemerintah dengan pemberian bunga yang rendah. Untuk usaha mikro plafon maksimalnya adalah 50 juta rupaih, sedangkan untuk usaha kecil plafonnya antara 50 juta hingga 500 juta rupiah.

4. Bank Tabungan Negara

Program yang digulirkan BTN untuk UMKM adalah berupa KUR yang terdiri atas KUR Modal Kerja berjangka waktu sekitar 3 tahun, dan juga KUR investasi yang berjangka waktu sekitar 5 tahun. Untuk sektor yang dibiayai oleh BTN adalah bidang industri, perdagangan, dan juga jasa.

5. Bank Mandiri

Salah satu program unggulan dari Bank Mandiri untuk para pelaku UMKM adalah Mandiri Kredit Mikro. Kredit ini ditujukan untuk para pelaku usaha kecil yang membutuhkan KMK (Kredit Modal Kerja) atau KI (Kredit Investasi). Kredit Usaha Mikro dari Bank Mandiri ini memiliki 2 jenis produk, yaitu KUM atau Kredit Usaha Mikro yang memiliki limit kredit sebesar 100 juta rupiah, dan KSM atau Kredit Serbaguna Mikro, yang merupakan kredit yang bisa dipakai untuk segala pembiayaan usaha mikro dengan batas maksimal 50 juta rupiah. Sifat dari kedua kredit ini adalah aplofend plafon atau angsiran tetap yang berjangka waktu kurang lebih 36 bulan.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie