Peluang Menguntungkan Usaha Dropship

Usaha Dropship

Usaha Dropship

Peluang Menguntungkan Usaha Dropship

Usaha Dropship merupakan sebuah peluang usaha yang menguntungkan jika Anda dapat mengerjakannya dengan serius, walaupun dengan modal yang sangat minim. Usaha ini termasuk usaha bagi pemula, dimana terdapat 3 pihak yang terlibat dengan cara langsung dalam bisnis ini yaitu pemasok barang, pengecer dan pembeli. Seorang pengecer adalah orang yang menawarkan produk dari produsen (pemasok) kepada pembeli, dan bila terjadi kesepakatan jual beli maka untuk proses pengiriman barang dilakukan oleh pihak pemasok kepada pembeli tersebut. Secara sederhana, dalam dunia offline seorang pengecer dalam bisnis dropship bisa disebut sebagai perantara. Jadi seorang perantara (yaitu pengecer) tidak perlu repot untuk memproduksi, menyimpan dan mendistribusikan produk kepada pembeli karena tugasnya adalah hanya menawarkan produk dan selebihnya adalah urusan pemasok barang jika terjadi transaksi pembelian. Usaha ini tentu sangat menguntungkan dan mudah bagi pemula.

Dengan nyaris tidak perlu modal, jadi peluangnya sangat terbuka bagi siapa saja. Tidak seperti usaha yang lain yang harus memerlukan modal besar untuk memproduksi. Dan uniknya, cara bisnis dropship dalam usaha mencari penghasilan sampingan tanpa modal seperti ini adalah calon pembeli tidak mengetahui bahwa dia berurusan dengan para pengecer dan bukan pemasok produk saat melakukan transaksi bisnis jual beli. Transaksi jual beli seperti itu hanya terjadi di dunia bisnis online.

Cara Usaha Dropship

Peluang usaha dropship memang memiliki sisi yang menguntungkan untuk para pemula yang hendak mencari peluang usaha rumahan dengan beberapa keunggulan dari usaha sampingan ini, seperti:

Tidak perlu biaya operasional

Semua pemilik bisnis yang menguntungkan pasti harus menanggung biaya operasional. Hal ini tidak dirasakan oleh dropshipper. Ia tidak perlu menanggung biaya operasional agar bisnisnya bisa berjalan, misalnya biaya listrik, biaya sewa gedung, atau gaji pegawai.

Bermacam Produk

Oleh sebab tidak harus membeli produk untuk dijadikan sebagai stok maka setiap pemula yang bekerja sampingan sebagai seorang dropshipper dapat menjalin kerjasama dengan banyak pihak tanpa batas. Artinya dia dapat memilih cara untuk mendapatkan produk-produk laris seperti fashion, aksesoris, gadget dan sebagainya untuk dijualnya dan itu tak bergantung kepada satu pemasok barang saja.

Sambungan Internet

Jelas bahwa untuk menawarkan produk secara online maka diperlukan sarana seperti sambungan internet, membuat website (toko online), menawarkan melalui media jaringan sosial namun biaya untuk itu semua secara logika sangatlah kecil. Tentunya hal itu berjumlah kecil karena tidak perlu membayar karyawan untuk memproduksi barang, biaya sewa gedung, pajak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan produksi barang yang hendak dijual tersebut. Seorang dropshipper hanya butuh koneksi internet karena itulah sarananya untuk memasarkan produk dari pemasok dan enaknya lagi itu bisa dilakukan dimana dan kapan saja, asal ada koneksi internet maka bisnis dropship pun dapat dijalankan.

Bisnis Modal Kecil

Sedikit berbeda dengan bisnis reseller dimana pengecernya harus memiliki modal untuk memenuhi kebutuhan stok produk yang dijualnya maka cara bisnis dropship tidaklah demikian. Pengecer tak perlu modal untuk menjalankan bisnisnya karena fokus kerjanya adalah menawarkan informasi seluas-luasnya kepada orang lain tanpa harus memiliki stok produk yang dijualnya. Dengan demikian, secara umum dapat dikatakan bahwa bisnis dropship ini sangat cocok untuk para pemula karena tidak perlu repot menyediakan barang yang dijualnya secara fisik. Seorang dropshipper tidak perlu untuk melakukan sebuah rencana bisnis yang kompleks, membutuhkan waktu dan tenaga karena itu bukanlah kewajibannya.

Marketplace

Untuk memulai bisnis dropship anda perlu pemasok atau pedagang yang bisa mendukung dropship, selain tokopedia dan bukalapak berikut referensi website yang menyediakan berbagai barang yang bisa anda jual kembali dan tentunya sangat mendukung dropship, silahkan kunjungi link berikut, Supplier. Perlu diketahui bahwa kalau ikut join di pemasok tersebut perlu registrasi dan membayar keanggotaan Rp. 100.000 untuk setahun, hal ini bertujuan agar yang bukan member tidak bisa melihat harga produk aslinya, dan Anda bisa memberikan harga sesuai keinginan Anda. silahkan bergabung di pemasok atau supplier tersebut.

Kesimpulan Usaha Dropshipping

Dari beberapa keuntungan yang didapat oleh seorang pemula yang menjalankan bisnis dropshipping itu bukan berarti tidak ada kelemahan atau kerugiannya. Keuntungan kecil adalah salah satu sisi lemah dari usaha sampingan ini atau ketersediaan produk yang tidak update juga menjadi kendala ketika menjalankan bisnis tanpa modal ini. Seringkali juga, secara umum para pembeli akan melayangkan keluhan kepada para dropshipper atas kualitas produk atau keterlambatan pengiriman karena mereka hanya mengetahui bahwa cara transaksi bisnis dropship dilakukan dengan para dropshipper dan bukan dengan pemasok barang.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie