Manfaat Buah Labu Kuning

Buah Labu Kuning

Buah Labu Kuning

Manfaat Buah Labu Kuning

Buah labu kuning di Indonesia cukup mudah dijumpai dan harganya sangat murah. Biasanya masayarakat mengolahnya menjadi hidangan kolak, dan akan populer pada bulan puasa. Tahukah anda, labu kuning memiliki manfaat yang banyak , baik itu sebagai sumber gizi yang baik maupun sebagai obat. Labu kuning memiliki beberapa kandungan zat gizi yang bisa berfungsi sebagai obat.

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat dalam buah labu kuning ( bhs. Inggris : Pumpkin )  :

Serat ( Fiber )

Buah Labu kaya akan serat, baik itu daging buah , serabut pada biji dan bahkan kulit daripada buah labu. Fungsi serat alami ini adalah memperlancar buang air besar, menyehatkan usus dan mencegah wasir atau ambeien.

Vitamin C

Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Vitamin A dan beta karoten

Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Zat besi

Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium

Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Protein

Protein terkandung dalam biji buah labu yang gurih. Biji buah labu juga mengandung sedikit lemak yang baik , yang justru akan membantu metabolisme lemak dalam tubuh dan menurunkan Kholesterol.

Sedangkan manfaat buah labu kuning antara lain :

1. Menurunkan tekanan darah. Kandungan Kalium dalam labu, bisa menstabilkan tekanan darah. Kalium juga terdapat didalam daun labu yang masih muda, yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran. Cara praktis mengkonsumsi labu kuning untuk dengan mengkukusnya atau merebus buah labu beserta kulitnya, kemudian dimakan atau bisa juga diblender menjadi jus. Jus buah labu bisa ditambah sedikit gula rendah kalori.

2. Mengatasi Sembelit. Kandungan serat didalam labu sangat baik untuk mengatasi sembelit, sama baiknya seperti buah pepaya.

3. Menurunkan Kholesterol. Jika kadar Kholesterol anda tinggi, cobalah mengganti menu makan malam dengan buah labu kuning yang direbus atau dimasak kolak dengan sedikit gula dan tambahan kayu manis.

Demikianlah kandungan gizi dan manfaat buah labu, jangan lupa baca artikel tentang resep masakan buah labu kuning.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie