Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri

Ketika anda sudah jenuh dengan pekerjaan anda dan sudah memiliki pandangan pekerjaan lain yang lebih menjanjikan, tidak ada salahnya anda mengundurkan diri dari pekerjaan anda yang sekarang. Jika anda sudah bekerja dengan sebaik baiknya dan tidak mendapatkan gaji yang sesuai dengan apa yang anda kerjakan, dan suatu ketika ada tempat lain yang lebih menjanjikan dan memberikan kepuasan kerja untuk anda, silahkan anda membuat surat pengunduran diri dan melamar pekerjaan yang baru.

Apapun alasan anda pindah dari pekerjaan yang lama anda harus membuat yang namanya surat pengunduran diri dari kerja. Mengapa harus ada surat itu? Ya memang, anda harus membuatnya. Secara attitude anda masuk membuat surat lamaran pekerjaan anda keluarpun juga harus ada surat pengunduran diri.

Etika yang baik memang seperti itu. Hal itu merupakan wujud dari penghormatan kepada perusahaan yang telah memperkerjakan anda selama ini. Selain itu jika anda bekerja di perusahaan besar dan anda mengundurkan diri tanpa membuat surat bisa berakibat fatal, nama anda bisa diblacklist dari rekanan perusahaan tersebut.

Nah oleh karena itu betapa pentingnya surat pengunduran diri dari pekerjaan itu harus dibuat. Jika anda belum tau format contoh surat pengunduran diri ini bisa lihat di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan:

Contoh surat pengunduran diri ke 1

 

Jakarta, 1 Januari  2014

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Alim Rugi (ganti dengan nama perusahaan anda)

Alamat Perusahaan

Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) sebagai (Jabatan Terakhir di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri anda).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (Nama Perusahaan Tempat Bekerja). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, (Nama Perusahaan Tempat Bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap Anda

 

Contoh surat pengunduran diri ke 2

 

Jakarta, 3 Oktober  2014

Kepada Yth, HRD Manager

PT. Alim Rugi

Jl. Imam Bonjol

Di,-

Tempat

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ujang bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Alim Rugi sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 4 Oktober 2012.

Saya menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Alim Rugi. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Alim Rugi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

 

 

(Ujang)

 

Contoh surat pengunduran diri ke 3

 

Jakarta, 1 November 2013

Kepada, yth, Kepala. HRD PT AAADi Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT AAA berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama            : …..……

Departemen    : ……….

Jabatan         : …….. ..

No Karyawan  : ………

Bermaksud Mengajukan pengunduran diri dari PT AAA dengan alasan (sebutkan alasan anda mengundurkan diri dari perusahaan, tidak perlu etail). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Jakarta, 01 November 2013

 

 

(……………………)

 

Nah dalam penulisan surat pengunduran diri ini memang simpel dan singkat, akan tetapi ada rambu-rambunya agar tidak menimbulkan masalah.

  • Tulislah Surat Pengunduran Diri anda dengan singkat jelas dan padat, dengan tulis tangan atau diketik.
  • Mengucapkan terimakasih kepada perusahaan dan rekan kerja yang telah memberikan kesempatan anda bekerja di perusahaan.
  • Anda juga tidak perlu mencantumkan secara detail kenapa anda memutuskan untuk mengundurkan diri.
  • Sebaiknya anda menulis Surat pengunduran Diri ini beberapa waktu sebelum benar benar berhenti total dari perusahaan, disini anda berarti memberikan kesempatan kepada rekan rekan atau pimpinan anda untuk segera mencari pengganti.
  • Tulislah Surat Pengunduran Diri ini dalam kertas putih polos dan rapi.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang beberapa point yang bisa kalian gunakan untuk acuan dalam membuat surat pengunduran diri beserta contohnya.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie