Contoh Proposal Usaha Konsep Klinik

  
Contoh Proposal Usaha Konsep Klinik

Contoh Proposal Usaha Konsep Klinik

Contoh Proposal Usaha Konsep Klinik 

Sehat merupakan dambaan setiap insan. Dan kita sadar akan pentingnya kesehatan. Di era yang semakin modern ini kita pun tahu kalo kesehatan sangatlah mahal, karena peraltan kedokteran yang semakin canggih dan juga obatnya yang semakin mahal. Untuk mengantisipasinya kita bisa menjaga hidup pola sehat dan kembali ke alam. Nah banyak yang dari kita beralih ke pengobatan alternatif dan tradisional karena biaya ke rumah sakit sangat lah mahal. Dan usaha pengobatan sudah mulai memperlihatkan geliatnya. Di sini kita akan memberikan contoh proposal usaha konsep klinik dan tentunya tidak terlalu banyak merogoh  kantong. Berikut contoh proposal usaha konsep klinik :

BAB I

PENDAHULUAN

 

            Dewasa ini kebutuhan masyarakat akan kesehatan telah meningkat sedemikian pesatnya seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan penting dan berharganya sebuah kesehatan. Begitu juga dengan merebaknya fenomena pengobatan alternatif yang saat ini telah berkembang dengan pesat. Hal ini membuat masyarakat semakin percaya pengobatan alternatif adalah solusi terbaik bagi mereka, karena dengan pengobatan alternatif resiko akan efek obat-obatan kimia lebih bisa ditekan, dan tentu saja biaya yang harus dikeluarkanpun relatif lebih murah dari pada berobat ke rumah sakit. Demikian hebatnya apresiasi yang diberikan masyarakat akan pengobatan alternatif herbal, semua itu dikarenakan masyarakat kita telah sadar betapa berbahayanya dampak obat-obatan kimia bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu banyak masyarakat kita lebih condong untuk berobat ke pengobatan alternatif herbal yang tentu saja lebih alami dan lebih aman.

Bisnis atau usaha dibidang kesehatan adalah sebuah bisnis atau usaha yang saat ini mempunyai prospek yang sangat bagus, dan bahkan kedepannya akan cenderung meningkat tajam. Seorang pakar ekonomi dunia bernama Paul Zane Pilzer bahkan memperkirakan, bisnis atau usaha dan industri dibidang kesehatan merupakan bisnis masa depan, disamping internet, pendidikan, industri entertainment dan hiburan. Dia memprediksikan bahwa bisnis kesehatan, yang disebutnya sebagai “WELLNESS INDUSTRY” adalah “THE NEXT BIG THING” atau suatu hal besar berikutnya di masa-masa yang akan datang. Berdasarkan prediksinya tersebut, kedepanya diseluruh dunia akan dibelanjakan sekitar US$ 3,5 triliun untuk kesehatan masyarakat diseluruh dunia. Berdasarkan prediksinya pula, maka bisnis dibidang kesehatan merupakan BISNIS MASA DEPAN. Maka dari itulah, kami menawarkan sebuah peluang usaha dibidang kesehatan, yaitu usaha klinik terapi / House Of Therapy tersebut.

            Dengan melihat pesatnya perkembangan klinik terapi modern dan alternatif tersebut diatas, maka kami ingin sekali mencoba masuk dalam bisnis ini. Dengan bekal kemampuan dan pengalaman kami di bidang terapi refleksi kesehatan, kami sangat berambisi untuk membuat gebrakan baru dalam dunia kesehatan. Dengan adanya tehnik pengobatan alternatif sekarang ini,  kami ingin lebih memberikan warna dalam hal pengobatan alternatif, dengan menggunakan metode terapi audio refleksi, yaitu terapi dengan menggunakan  frekwensi suara yang dihasilkan dari sebuah alat.  Jadi sistem kerjanya adalah, pada saat pasien diterapi refleksi, Si pasien tersebut mengenakan headphone yang telah disetting khusus dengan frekwensi suara yang telah disesuaikan dengan keadaan si pasien. Kami menggunakan metode ini karena hampir semua sistem jaringan tubuh manusia digerakkan  oleh otak, dan otaklah yang bisa memberikan sugesti-sugesti positif ke seluruh organ tubuh manusia, sehingga proses penyembuhannya akan lebih cepat, karena dengan mudah kita bisa membuka simpul-simpul saraf yang sakit, dan secara otomatis kalau simpul saraf sudah terbuka, obat akan dapat dengan mudah diserap oleh bagian yang sakit, dan proses penyembuhannyapun akan lebih cepat.

Konsep klinik yang kami tawarkan nanti adalah sebuah rumah terapi yang di dalamnya mempunyai fasilitas yang di antaranya :

  •  Layanan Konsultasi (seputar keluhan pasien )
  • Layanan Terapi ( di tempat/dipanggil )
  • Cafe Herbal ( melayani pesan minuman/makanan obat )
  • Apotik Herbal ( menjual segala macam ramuan yang dibutuhkan pasien )
  • Paket Terapi ( memberikan pelayanan terapi mingguan, catatan kesehatan/perkembangan kesehatan pasien, terapi bisa di klinik maupun di rumah pasien )

Lima poin di atas adalah yang nantinya akan menjadi fasilitas unggulan dalam klinik herbal kami, disamping tenaga ahli di bidang terapi refleksi yang akan menangani secara langsung pasien yang kronis maupun yang tidak kronis.

Untuk mendukung berjalannya  klinik ini ke depan, tidak menutup kemungkinan kamiakan juga menjalin kerja sama dengan perusahaan penjual obat-obatan herbal. Kami memakai langkah tersebut karena mengingat kita belum punya produk sendiri yang berkaitan dengan obat-obatan. Semua itu hanya sekedar untuk memenuhi permintaan pasien yang kadang-kadang minta obat jadi yang berbentuk kapsul maupun serbuk, dan demi melayani pasien supaya tidak kecewa, alangkah baiknya kalau kita juga menjual obat-obat yang mereka butuhkan.

 

BAB II

PENJELASAN

Sehubungan dengan penjelasan di atas, kami akan mencoba menguraikan segala sesuatu yang nantinya ada kaitannya dengan usaha klinik ini.

  1. Layanan konsultasiadalah memberikan layanan kepada pasien sebelum pasien diterapi, di sini pasien akan diperiksa tensi, gula darah, asam urat, dan deteksi penyakit yang diderita pasien. Setelah pasien mendapatkan hasil pemeriksaan, selanjutnya pasien dipersilahkan ke ruang terapi untuk mendapatkan terapi lanjutan.
  2. Mengenai alat-alat yang nantinya digunakan untuk kebutuhan di dalam klinik, kami menggunakan beberapa alat yang nantinya bisa mendukung proses berjalannya praktek terapi, semua itu agar  masyarakat merasa puas dengan pelayanan kita, karena alat-alat yang kita gunakan adalah alat-alat medis seperti layaknya di rumah sakit, dan hal tersebut bisa merangsang pasien menjadi lebih percaya untuk berobat ke tempat kita.
  3. Rencana kedepan kami juga ingin membuat cafe dan apotik herbal yang nantinya akan jadi satu dengan klinik, jadi pasien yang antri tidak jenuh dan tetap bisa jajan yang sehat, karena sebelum membeli minuman/makanan, pasien akan ditanya dulu sejarah kesehatannya dan akan disesuaikan dengan menunya agar aman untuk dikonsumsi pasien.
  4. Kami berencana membuat apotik herbal untuk klinik kami. Apotik ini menjual segala ramuan tradisional yang nantinya akan dibutuhkan pasien, jadi setelah menjalani terapi pasien tidak repot-repot mencari ramuan untuk obat, dengan begitu pasien tidak akan terbebani karena harus cari ramuan yang dia sendiri tidak tahu di mana dia harus mendapatkannya. Dan dengan cara ini pula pasien akan merasa nyaman, dan tidak menutup kemungkinan dia akan kembali untuk mengambil paket terapi di tempat kita.
  5. Dengan menggunakan sistem paket terapi, layanan ini maksudnya adalah pasien akan mendapatkan pelayanan secara intensive. Pasien akan memilih waktu dan tempat di mana si pasien harus diterapi. Paket terapi ini habis setiap satu bulan sekali, dan setiap minggunya pasien mendapatkan 2x terapi. Tidak hanya itu, pasien setiap terapi mendapatkan ramuan obat gratis dan laporan perkembangan kesehatan si pasien dari terapist.

Demikian lima poin yang dapat kami jabarkan, semoga bisa dimengerti dan bisa dijadikan pertimbangan untuk kedepannya.

 

BAB III

RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

 

Plafon anggaran yang nantinya kami butuhkan adalah :

1.      Untuk pembelian alat-alat terapi & alat kantor

Acupoint / alat diagnosa 1

Stetoskop  1

Alat ukur tensi  1

Alat ukur gula darah  1

Alat ukur berat badan 1

Alat bantu tusuk 3

Headphone       

Tempat tidur terapi 1

Bantal 1

Speaker active 1

Buku-buku administrasi

Stempel

Nota

Spanduk 3

Baner+brosur

Iklan media cetak

Alat marketing koordinasi           :  Rp.1.100.000,-

 :  Rp.150.000,-

:  Rp. 400.000,-

:  Rp. 375.000,-

: Rp.  150.000,-

:  Rp.50.000,-

:  Rp. 350.000,-

 :  Rp.1.300.000,-

:  Rp. 50.000,-

:  Rp.270.000,-

:  Rp. 100.000,-

:  Rp.  100.000,-

:  Rp.  50.000

:  Rp. 200.000,-

:  Rp.  200.000,-

:  Rp.  200.000,-

:  Rp.  3.000.000,-

 2.      Alat masak

Kompor gas +tabung gas

Kuali / panci

Blender

Saringan

Galon air 2

Gelas

Baki:  Rp.200.000,-

:  RP.100.000,-

:  RP.200.000,-

:  Rp. 20 .000,-

:  Rp.100.000,-

:  Rp.30.000,-

:  Rp.50.000,-

 3.      Tata ruang

Gorden putih 2

Roll  gorden  2

Triplek

Kayu usuk          

Etalase ukuran 2×1 m

Tukang kayu

 :  Rp. 150.000,-

:  Rp.150.000,-

:  Rp.250.000,

:  Rp.150.000,-

:  Rp.1.500.000,-

 :  Rp.200.000,-

4.      Bahan ramuan/obat

Minyak aroma terapi

Minyak GPU

Oil massage

Apotik herbal:  Rp. 100.000,-

:  Rp.12.000,-

:  Rp.100.000,-

:  Rp.  5.000.000,-

Jumlah total                                                   :   Rp.  16.357.000,-


BAB IV

ILUSTRASI PERHITUNGAN USAHA

  1. Modal                               :Rp.  16.357.000,-
  2. Pendapatan
    • Konsultasi pada kondisi minimum, Rp. 300.000,-/hari . omset 1 bulan : 300.000,- X 30 hari = Rp. 9.000.000,-
    • Terapi audio refleksipada kondisi minimum, Rp. 500.000,-/hari. Omset 1 bulan :  500.000,- X 30 hari = Rp. 15.000.000,-
    • Ramuan obat untuk 1 minggu pada kondisi minimum, 1.000.000,-/hari. Omset 1 bulan : 1000.000,-X 30 hari = Rp. 30.000.000.-
    • Minuman terapi pada kondisi minimum, Rp 50.000,-/hari. Omset 1 bulan : 50.000,- X 30 = Rp.  1.500.000,-

Catatan :

  • Jumlah target minimum dalam 1 hari adalah 10 orang setelah ( 3 bulan masa marketing)
  • Konsultasi per kali datang 30.000,-
  • Terapi audio refleksi perkali datang 50.000,-
  • Obat ramu untuk 1 minggu 100.000,-
  • Minuman terapi perkali datang 5000,-
  1. Biaya operasional          

a.      Gaji pegawai                    

    • Helper                               :  Rp. 1.500.000,-/bulan
    • Resepsionis                       :  Rp. 1.500.000,-/bulan
    • Tenaga terapist                 :  Rp. 1.750.000,-/bulan

b.      Listrik                                            :  Rp. 200.000,-/bulan

c.       Telp/pulsa                                     :  Rp. 200.000,-/bulan

d.      Transportasi                                  :  Rp. 300.000,-/bulan

e.      Lain-lain                                        :  Rp. 500.000,-/bulan

f.        Total biaya operasional          :  Rp.5.950.000,-/bulan

Keuntungan bersih          :Rp. 55.500.000,- -Rp.5.950.000,- = Rp. 49.550.000,-

Perhitungan bagi hasil    : Perusahaan 40%, OAR 30%, Investor 30 %

Pengembalian modal      : Rp. 14.865.000,- ( 2 bulan mulai berjalannya target modal sudah bisa kembali,  jadi total waktu yang dibutuhkan dalam pengembalian modal adalah 5 bulan / 3 bulan marketing + 2 bulan mulai berjalannya target ). Berarti 14.865.000,-x2 dikurangi 16.357.000,- (modal)  = sisa sebesar 13.373.000,-

 Catatan :

Semua hal yang ada kaitannya dengan klinik adalah menjadi urusan / tanggung jawab manajemen OAR, termasuk gaji karyawan.

BAB  V

PENUTUP

 

Demikian yang dapat  kami sampaikan, semoga bisa dimengerti dan bisa digunakan sebagai  bahan pertimbangan para calon investor. Besar harapan kami untuk bisa segera mewujudkan apa yang menjadi impian kami selama ini. Semoga apa yang kita berikan hari ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita dan semua orang, Amin.

Sekian dan terimakasih.

 

Manager, Konsultan &Teraphist OAR

 

 

( Pipin Sugiyanto )

President Director

 

 

( Multika Lega Problema )

 

Demikian contoh usaha proposal usaha konsep klinik. Semoga bermanfaat. Pesan admin jagalah sehatmu sebelum sakitmu. Terima kasih.

 
contoh proposal konsep usaha klinik terapi, Terapis kecantikan sistem gajinya

Advertisement

No comments.

Leave a Reply