Cara Menjadi Tim Sukses yang Efektif

  
Pilkada

Pilkada

Cara Menjadi Tim Sukses yang Efektif

Pemilihan kepala daerah sekarang ini melalui pemilihan langsung oleh rakyat – rakyatnya, jadi sistem demokrasi di negara tercinta in semakin baik. Tidak seperti dulu yang dipilih melalui wakil rakyat atau yang dinamakan DPR/DPRD. Mungkin dianggap tidak terlalu mewakili aspirasi rakyat. Namun konsekuensi dari pemilihan langsung ini harus merogoh kocek yang cukup dalam.
Calon pemimpin ini yang mengikuti pilkada tentunya tidak lepas dari kampanye untuk mengenalkan dirinya kepada rakyat. Pengenalan bukan hanya pada profil dari calon pemimpinnya saja, pengenalan juga berupa rencana program kerja agar rakyat lebih yakin untuk memilihnya. Semakin sering berkampanye agar kita memilih salah satu dari mereka untuk memimpin rakyatnya, namun kampanye  – kampanye Calon pemimpin ini tidak lepas dari tim sukses mereka.

Sebenarnya jika kita melihat lebih dalam tugas dari tim sukses tidak jauh beda dengan tugas seorang Public Relations  yang ada di perusahaan – perusahaan. Mengapa demikian? Karena seorang PR wajib menjaga citra dari perusahaan dan begitu pula seorang tim sukses salah satu calon Gubernur, tim sukses akan menciptakan dan menjaga Citra dari seorang calon Gubernur tersebut, sehingga pada akhirnya Calon Gubernur tersebut dipilih oleh masyarakat.

Dalam setiap tindakkan untuk merealisasikan rencana menjadi hasil yang diharapkan, pemimpin harus fokus untuk mempekerjakan orang-orang yang kreatif, proaktif, strategis, disiplin, dan optimistis di dalam sebuah tim sukses.  Kecerdasan pemimpin dalam membangun tim sukses yang efektif akan sangat membantu si pemimpin untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan strategis yang membutuhkan konsentrasi dan fokus yang lebih intensif. Penempatan pribadi-pribadi yang loyal, antusias, selalu berjuang dalam motivasi yang tinggi, dan yang mau bekerja keras untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab, adalah sebuah syarat terpenting di dalam pembentukan tim sukses yang efektif.
”Jika Mind Set Tim Sukses Mampu Berpusat Kepada Kemenangan, Melalui Konsep Kerja Tim Yang bertujuan, terfokus, kreatif, Strategis, Konsisten, Dan Loyal, Maka Tim Sukses Pasti Mampu Mengatasi Semua Kendala.” – Djajendra (Praktisi, Penulis, Dan Pembicara Di Bidang Manajemen Korporasi, Budaya Organisasi, Pengembangan Kepribadian, Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan, Pelayanan, Dan Motivasi Diri)
Berikut ini ada tips untuk membangun tim sukses yang efektif dan yang dapat memberikan keberhasilan buat si pemimpin.
  1. Pemimpin wajib menetapkan tujuan utama tim, kemudian memotivasi tim untuk membangun mind set bahwa tujuan utama dari tim adalah membuat sukses setiap program .
  2. Tim sukses harus menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, terdefinisi, dan konsisten.
  3. Setiap anggota tim sukses harus berkomitmen untuk Menunaikan tanggung jawab mereka secara total.
  4. Pemimpin harus cerdas dalam memilih karakter dari pribadi-pribadi yang akan berada di dalam tim sukses.
  5. Pemimpin harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bakat dan potensi dari masing-masing pribadi tim sukses tersebut.
  6. SOP, aturan, dan kebijakan wajib ditetapkan sebagai fondasi dasar untuk membangun etos kerja tim sukses yang efektif.
  7. Setiap anggota tim sukses harus tahu tentang fungsi dan peran mereka di dalam tim sukses.
  8. Tim sukses harus bekerja melalui sebuah proses kerja yang selalu fokus dalam menjaga keutuhan dan kekompakkan tim sukses.
  9. Setiap melakukan tindakan tim harus melakukan pertemuan di antara anggota dan pemimpin, baru kemudian membuat keputusan yang tepat sasaran, dan mendefinisikan semua perkembangan baru dalam sebuah rencana kerja yang disetujui oleh semua anggota dalam tim.
  10.  Apapun perbedaan di antara anggota tim. Setiap orang wajib saling menghormati, saling mendengar, dan saling peduli.
  11. Setiap konflik harus dikelola dengan besar hati dan penuh empati, kemudian diselesaikan dengan menghormati semua pihak secara profesional.
  12. Pemimpin harus menggunakan kekuatan intuisi untuk melihat hal-hal yang tak terlihat oleh panca indera. Lalu, membuat tindakan-tindakan yang memotivasi anggota tim untuk bekerja dengan emosi baik dan pikiran terang.
  13. Tim sukses dan pemimpin harus membangun hubungan dan komunikasi positif dengan “stakeholder” dalam sebuah suasana yang saling menguntungkan.
   14.  Tim sukses harus membuat tabel rencana kerja dengan memasukan semua tips di atas
            sebagai faktor-faktor kerja tim yang harus diperhatikan secara terus-menerus.
 Jadi, siapkah anda menjadi tim sukses yang efektif atau menjadi PR sekaligus tim sukses profesional?
 
proposal pengajuan jd tim sukses pemenangan pilkada

Advertisement

No comments.

Leave a Reply