Cara Mengatasi Komplain Pelanggan

Mengatasi Komplain Pelanggan

Mengatasi Komplain Pelanggan

Cara Mengatasi Komplain Pelanggan

Apabila Anda mempunyai sebuah usaha atau bisnis tidak terlepas dengan pelanggan. Tanpa pelanggan usaha Anda tidak mungkin berkembang dan bahkan gulung tikar. Maka dari itu pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk menunjang keberlangsungan usaha Anda. Sering pelanggan meninggalkan suatu perusahaan dikarenakan perusahaan tidak merespon complain secara professional. Ketika sebuah perusahaan bisa mengelola complain dari pelanggan, maka bisa menjadi poin yang menguntungkan bagi usaha Anda. Complain bisa menjadi suatu pembelajaran pada usaha Anda untuk menjadi yang lebih baik lagi. Dan diharapkan bisa menjadi bukan sekedar usaha kecil-kecilan. Berikut tips cara mengatasi komplain pelanggan Anda :

  • Segera perbaiki setiap masalah secepat mungkin. Jangan sampai membuat pelanggan menunggu lama, temukan dan segera perbaiki kesalahannya. Dengan begitu pelanggan akan percaya pada perusahaan Anda.
  • Segera meminta maaf. Banyak perusahaan ketika ada pelanggan yang complain, mereka meminta maaf tetapi dibelangkanya ada embel-embel alasan yang membuat pelanggan lebih jengkel. Usahakan hindari hal ini. Pelanggan hanya butuh slusi yang tepat bukan pembelaan dari Anda.
  • Berdayakan karyawan Anda untuk solusi setiap masalah. Pelanggan jengkel kadang dikarenakan pelanggan dibuat menunggu lama-lama dan melempar permalsalahan kepada karyawan senior atau supervisornya. Jadi lebih baik jika setiap karyawan bisa menyelesaikan setiap masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan, agar solusi segera teratasi.
  • Permudah pelanggan cara untuk menyampaikan masalah. Terkadang pelanggan mau complain terhadap jasa atau produk dari perusahaan Anda, namun tidak tahu cara, diman, atau kepada siapa menyampaikan keluhan. Jadi disini bisa dibuat tempat khusus, customer service ataupun kotak saran dan keluhan agar pelanggan bisa menyampaikan keluhannya.
  • Untuk memastikan keluhan pelanggan teratasi dengan benar dan pelanggan puas adalah hal yang cukup mudah. Anda bisa menyentuh pelanggan secara personal, sehingga kepercayaan pelanggan kepada perusahaan ANda akan lebih meningkat.

Cara-cara diatas memang tidak semudah membalik telapak tangan. Namun ketika Anda bisa mengelola para pelanggan Anda, bisa membuat pelanggan Anda lebih percaya kepada perusahaan Anda. Buatlah pelanggan Anda sebagai Raja kecil.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie