Cara Membuat Surat Akta Kelahiran

Surat Akta Kelahiran

Surat Akta Kelahiran

Cara Membuat Surat Akta Kelahiran

Akta kelahiran adalah bukti yang sah mengenai status anak kita. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk membuat surat akta kelahiran untuk anak atau bayi kita. Nanti pada suatu saat anak kita sudah besar akan sangat berguna sekali. Namun sebagian dari kita ada yang belum tahu cara membuatnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam webnya www.kependudukancapil.go.id  menyarankan agar akta kelahiran diurus segera setelah bayi kita lahir. Manfaatnya, sebagai identitas diri, bekal administrasi dalam mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), paspor, pendaftaran sekolah, pernikahan, asuransi atau mengurus hak ahli waris. Tak ada alasan terlambat mengurus akta kelahiran, karena pihak Rumah Sakit biasanya memberikan jasa pengurusan akta kelahiran.

Untuk membuat akta kelahiran sendiri, lakukan pendaftaran di loket pelayanan kependudukan kelurahan, loket pelayanan kependudukan kecamatan, loket pelayanan suku dinas, kependudukan dan pencatatan sipil kota/kabupaten administrasi, loket pelayanan dinas kependudukan dan pencatatan sipil propinsi. Berikut ini langkah-langkah cara membuat surat akta kelahiran :

Prosedur dan Syarat – Syarat yang Harus Dipenuhi Dalam Permohonan Pembuatan Akta Kelahiran Baru:

  • Foto copy Akta Nikah (bagi orang tua yang sudah bercerai dengan menggunakan Akta Cerai) yang telah dilegalisir KUA *apabila tidak bisa memberikan Surat Akta Nikah atau Itsbat maka Anak Merupakan Anak Ibu
  • Untuk anak yang tidak diketahui asal usulnya persyaratan pembuatan akta harus dilengkapi dengan Surat Keterangan dari Kepolisian (menjelaskan asal usul anak) dan dokter (menjelaskan perkiraan usia anak)
  • Foto copy Kartu Keluarga yang dilegalisir
  • Foto copy KTP Ayah dan Ibu, jika usia diatas 17 tahun menggunakan KTP Sendiri
  • 2 Orang Saksi Pencatatan Pelaporan Kelahiran berikut foto copy KTP yang Masih Berlaku
  • Surat Keterangan Lahir dari Kepala Desa / Lurah, Dokter, Bidan, Rumah Sakit yang disahkan di desa / kelurahan
  • Surat Kuasa Bermaterai Rp 6.000,- apabila pencatatan dikuasakan
  • Mengisi Formulir Permohonan Pencatatan Kelahiran bermaterai Rp 6.000,-

Proses Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil:

Apabila syarat – syarat telah dipenuhi dengan lengkap, dapat segera mengurus pembuatan akta kelahiran dan mendaftar ke Loket di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selanjutnya petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan langkah – langkah sebagai berikut:

  • Penelitian Berkas
  • Memasukkan Data dalam Komputer
  • Pengecekan Data dan diparaf oleh Pemeriksa Data
  • Penandatanganan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Distempel atau dicap
  • Penyerahan Akta Kelahiran pada Pemohon

Jika tidak ada permasalahan dan persyaratan lengkap serta semua data sesuai, maka pengurusan dapat selesai dalam jangka waktu 2 hari.

Penyelesaian pembuatan akta kelahiran berdasarkan UU No. 23 tahun 2006 selama 30 hari kerja. Pencatatan Kelahiran yang per 1 Mei 2013 ini sudah tidak perlu penetapan Pengadilan lagi agar dapat mempermudah pembuatan akta kelahiran bagi anaknya.

Pembiayaan membuat surat akta kelahiran

Biaya Pembuatan Akta Kelahiran secara resmi gratis.

Pengurusan akta kelahiran bagi bayi yang lahir lewat dari 60 hari dikenakan denda maksimal Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) atau sesuai dengan ketentuan daerah masing – masing.

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie