Cara Alami Mengobati Asam Urat

Kumis Kucing

Kumis Kucing

Cara Alami Mengobati Asam Urat

Hyperuricemia yang umumnya dikenal sebagai kadar asam urat tinggi, mengacu pada jumlah asam urat yang berlebihan dalam aliran darah. Kadar asam urat yang tinggi umumnya lebih sering didiagnosis pada pria dibandingkan wanita, dan pada orang di atas usia 65 tahun.

Kandungan purin berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan penyait asam urat. Penyakit ini menyerang sendi tubuh terutama bagian tangan dan kaki. Sendi menjadi bengkak dan terasa sakit.

Asam urat bisa diobati dengan bahan tradisonal. Bahan dan caranya sebagai berikut:

Sidaguri.
Tanaman ini memiliki kandungan kalsium oksalat, tanin, saonin, alkaloid, asam amino, fenol, minyak atsiri, hingga zat phlegmatic. Sebagai obat, bagian yang dipakai biasanya pada akar yang kaya steroid, aphredine, dan alkaloid. Cara membuatnya cukup rebus sekitar 15-30 gram herba kering atau herba basah sebanyak 30-60 gram bersama tiga gelas air. Sisakan setengahnya untuk diminum tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas. Bisa juga bahannya diganti dengan akar sidaguri sejumlah 10-15 gram.

Sambiloto.
Sambiloto memiliki rasa pahit. Kandungannya antara lain alkane, keton, aldehid, flavanoid, kalsium, kalium , dan natrium. Tanaman tersebut bersifat antinyeri, antiradang, hingga menawarkan racum. Sementara itu, untuk meramu sambiloto sebagai obat asam urat, bisa memanfaatkan daunnya. Siapkan sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, komfrey 5-10 gram, lada 1 gram dan 5 gelas air. Rebus semua bahan dan sisakan hingga tiga gelas. Minum hasil rebusan untuk tiga kali sehari masing-masing satu gelas. Minum satu jam sebelum makan, atau dua jam usai makan.

Kumis kucing.
Tanaman ini telah dikenal sebagai penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretiknya membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing. Cara meramunya, siapkan daun kumis kucing kering 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, dan kapulaga kering 10 gram. Rebus semua bahan bersama satu liter air sampai tersisa 500 ml. Gunakan untuk diminum tiga kali sehari.

Daun salam.
Daun ini membuat masakan terasa makin nikmat. Selain itu, daun salam telah dikenal efektif mengatasi asam urat. Caranya, rebus 10-25 daun salam dengan 3 gelas air. Sisakan satu gelas dan jadikan untuk dua kali minum.

Agar kondisi anda stabil dan tidak semakin memburuk maka hal berikut bisa anda lakukan apabila terindikasi terkena asam urat.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang. Kemudian, konsumsilah buah yang memiliki vitamin C lebih banyak, seperti jeruk, pepaya dan strawberry

Adapun buah dan sayur yang cocok untuk mengurangi asam urat adalah buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

Lebih baik jika mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi. Dan sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup, demikian seperti dikutip dari beberapa sumber.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie