Budidaya Bunga Rosella

Bunga Rosella

Bunga Rosella

Budidaya Bunga Rosella

Salah satu tanaman yang saat ini digemari masyarakat adalah bunga rosella. Tanaman bunga rosella digemari karena bunga rosella memiliki khasiat medis. Selain itu cara budidaya bunga rosella yang relatif mudah dan banyak cara untuk mengolah tanaman ini menjadi hidangan atau minuman yang sehat dan menyegarkan seperti membuat teh rosella.

Dalam budidaya bunga rosella, media tanam yang perlu disiapkan adalah lahan terbuka serta polybag. Polybag berguna sebagai media tanam persiapan benih bunga rosella sebelum dipindahkan ke lahan yang terbuka. Sedangkan lahan terbuka itu sendiri berguna untuk media tanam akhir sampai bunga rosella tersebut siap dipanen.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam budidaya bunga rosella adalah mempersiapkan lahan penanaman bunga rosella. Kemudian pembenihan bunga rosella.

Ada dua cara untuk pembenihan tanaman ini yaitu dengan stek atau dengan menggunakan bijinya. Jika menggunakan bijinya, biji tersebut harus direndam terlebih dahulu sebelum akhirnya ditanam. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah proses penanaman. Penanaman dilakukan di lahan terbuka terlebih dahulu, setelah sekitar satu minggu kemudian dipindahkan ke polybag. Selanjutnya sekitar dua minggu, bunga rosella dapat dipindahkan di lahan terbuka yang sudah dipersiapkan dengan jarak tanam tertentu. Dan langkah yang terakhir adalah perawatan bunga rosella.

Seperti halnya budidaya rosella, perawatan rosella tidak terlalu sulit hanya perlu ketekunan, Perawatan rosella yang perlu dilakukan adalah penyiraman serta pemberian pupuk yang cukup, yang perlu diingat penyiraman bunga rosella jangan sampai mengenang sebab tanaman ini bisa busuk. Namun memang dalam perawatan rosella ada kendala-kendala yang timbul, yaitu adanya hama dan tumbuhan ilalang yang mengganggu proses pertumbuhan bunga rosella. Hama yang biasa menyerang adalah belalang, kutu putih, ulat, nematode. Hama ini sering menyerang bagian akar dan batang. Hama-hama tersebut harus segera diatasi sebab bisa mengurangi kualitas bunga rosella itu sendiri.

Salah satu cara mengolah bunga rosella ini yang saat ini banyak digemari adalah dengan membuat teh rosella, sebab membuat teh rosella sangat praktis tidak terlalu membutuhkan banyak bahan dan tenaga. Dalam membuat teh rosella hanya perlu segelas air panas, gula dan tentunya bunga rosella yang sudah kering, tak lebih dari sepuluh menit teh rosella pun siap dinikmati.



Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie