10 Cara Ampuh Menghilangkan Hidung Tersumbat

Hidung Tersumbat

Hidung Tersumbat

10 Cara Ampuh Menghilangkan Hidung Tersumbat

Flu dan batuk merupakan penyakit yang bisa menyerang kita kapan saja. Terutama disaat musim tidak menentu seperti saat berpindahnya musim kemarau ke musim hujan. Flu dan batuk ini sering kali menyebabkan hidung tersumbat. Keadaan ini akan membuat saluran pernafasan kita terganggu, terutama di hidung dan membuat kita sangat tidak nyaman dan mengganggu apalagi saat kita mau tidur.

Jika sudah terjangkit flu dan batuk apalagi sampai terkena hisung tersumbat memang sangat sulit diatasi. Walaupun sudah menggnakan inhaler dan juga balsam untuk menghilangkan hisung tersumbat, namun tetap saja hidung akan tersumbat kembali walau keadaan posisi bagaimanapun.

Hidung tersumbat tentunya menjadi hal yang harus cepat diatasi, dengan cara yang mudah dan juga alami. Berikut cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat :

1. Mandi air hangat

Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya. Biasanya uap air bisa kita dapatkan dengan mandi air hangat.

2. Minum Air hangat

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Anda bisa minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.

3. Posisi kepala saat tidur

Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Ini akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur Anda tidak terganggu karena kesulitan bernapas.

4. Minuman jeruk hangat

Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

5. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan panas adalah cara terbaik untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya.

6. Steaming

Ini adalah cara terbaik untuk menenangkan peradangan dan membuat Anda bisa bernapas dengan mudah, ketika Anda mengalami masalah hidung tersumbat Anda. Ambil baskom berisi air mendidih dan kurungi kepala Anda dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah. Ini dapat mengalirkan lendir dan racun dari tubuh Anda.

7. Teh herbal

Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

8. Minyak kayu putih

Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

9. Sup ayam

Sup ayam adalah obat yang sangat baik untuk hidung tersumbat. Semangkuk supa ayam hangat adalah cara terbaik untuk membuka hidung yang tersumbat. Ini berisi sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka penyumbatan di hidung.

10. Berkumur dengan garam

Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

Demikian cara-cara ampuh menghilangkan hisung tersumbat. Jangan biarkan flu dan batuk berlarut-larut. Segera pergi ke dokter apabila cara-cara diatas masih tidak bisa mengobati hidung tersumbat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Proposal Usaha. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie